Manfaat Jus Wortel

Jus wortel diekstrak dari wortel utuh dan sangat bergizi.

Ini tidak hanya menyediakan potasium dan vitamin C tetapi juga sangat kaya provitamin A. Minum jus wortel dianggap dapat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan mata dan kulit, di antara manfaat lainnya (1Trusted Source).

Berikut 8 manfaat jus wortel yang mengesankan.

Gambar Anna Pustynnikova / Getty

1. Bergizi tinggi

Jus wortel rendah kalori dan karbohidrat sambil mengemas banyak nutrisi. Satu cangkir (240 mL) berisi (1Trusted Source):

  • Kalori: 96
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Gula: 9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A (sebagai provitamin A): 255% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin C: 23% dari DV
  • Vitamin K: 31% dari DV
  • Kalium: 15% dari DV

Jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh Anda. Antioksidan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas (1Trusted Source, 2Trusted Source).

Karotenoid utama dalam jus wortel adalah beta karoten, yang bertanggung jawab atas warna oranye wortel. Tubuh Anda mengubahnya menjadi vitamin A antioksidan.

RINGKASAN
Jus wortel sarat dengan vitamin A dan vitamin C dan K yang tinggi juga mengandung senyawa tanaman yang disebut karotenoid, yang bertindak sebagai antioksidan.

2. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi mata Anda.

Secara khusus, 1 cangkir (250 ml) jus wortel mengandung lebih dari 250% DV untuk vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten (1Trusted Source).

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia (3Trusted Source, 4Trusted Source).

Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, dua karotenoid lain yang menumpuk di mata Anda dan melindunginya dari cahaya yang merusak (1Trusted Source).

Asupan lutein dan zeaxanthin dalam makanan yang tinggi dapat menurunkan risiko masalah mata, seperti degenerasi makula terkait usia (AMD). Satu analisis dari 6 studi mengaitkan asupan makanan yang tinggi dari senyawa ini dengan risiko AMD terlambat 26% lebih rendah, dibandingkan dengan asupan rendah (4Trusted Source, 5Trusted Source).

RINGKASAN
Jus wortel adalah sumber karotenoid yang sangat baik, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata dan dapat melindungi dari AMD.

3. Dapat meningkatkan kekebalan

Jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Baik vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas (5Trusted Source, 6Trusted Source).

Selain itu, jus ini kaya akan vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% DV dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons kekebalan yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan kekebalan yang melemah (1Trusted Source, 7Trusted Source).

Faktanya, satu penelitian hewan pengerat menemukan bahwa asupan vitamin B6 yang tidak memadai menghambat pertumbuhan sel kekebalan yang disebut limfosit (7Trusted Source).

Meski begitu, studi manusia dibutuhkan.

Baca juga: