Budidaya kunyit, mudah, tak membutuhkan banyak perawatan

Budidaya kunyit, mudah, tak membutuhkan banyak perawatanBudidaya kunyit, mudah, tak membutuhkan banyak perawatan

Kunyit atau yang biasa di sebut kunir adalah tanaman yang termasuk kedalam golongan jahe-jahean seperti Laos, kencur, dan lain nya. walaupun nampak sepele dan belum banyak yang membudidayakan nya, namun kunir mempunyai nnilai ekonomis yang lumayan.

Selain mempunyai nilai ekonomis yang lumayan, penanaman kunyit pun terbilang mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang banyak. Selain itu tidak membutuhkan modal yang banyak. tertarik untuk membudidayakan kunyit ? yuk simak penjelasan di bawah ini :

1. Penyiapan Bibit

Pembibitan kunyit dilakukan dengan mengambil rimpang kunyit yang sudah tua, yaitu sekitar kurang lebih delapan bulan. potong dengan ukuran 3 sampai 7 cm.
2. Penyemaian Bibit
Penyemaian dapat di lakukan dengan cara meletakkan rimpang kunyit pada tanah yang lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung atau di angin-angin kan selama kukrang lebih satu sampai satu setengah bulan. siram rimpang tadi setiap pagi dan sore agar tunas baru cepat muncul.
3. Penanaman
Setelah tunas sudah muncul, maka pembibitan sudah selesai. pindahkan bibit ke tempat persemaian hingga mata tunas tumbuh sepanjang 2 sampai 3 cm. setelah itu penanaman siap di lakukan.

Sebelum melakukan penanaman, maka siapkan terlebih dahulu lahan yang akan di tanami kunyit. pengolahan lahan mencakup hal hal sebagai berikut :

1. Bersihkan lahan dari daun, rumput dan hama pengganggu.

2. Satu bulan sebelum penanaman, cangkul tanah sedalam 2- sampai 30 cm. kemudian biarkan terkena sinar matahari selama satu sampai dua minggu. hal ini bertujuan untuk membunuh hama tanaman di dalam tanah dan menguraikan gas berbahaya yang mungkin ada dalam tanah.

3. Membuat bedegan dengan lebar 60 sampai 100 cm dengan tinggi 25 sampai 45 cm dengan jarak antar bedegan adalah 30 cm. pupuk bedegan dengan pupuk organik/anorganik dan biarkan selama satu minggu sebelum dilakukan penanaman.

4. Masukkan kunyit kedalam lubang berukuran 5-10 cm dengan mata tunas menghadap ke atas. sebaiknya mulailah menaanam pada awal musim hujan. agar setelah penanaman, kunyit mendapat cukup air. tutup dengan tanah kunyit yang telah dimasukkan kedalam lubang tadi, tetapi jangan di padatkan.

5. Untuk perawatan kunyit tak terlalu membutuhkan perawatan yang banyak dan rumit, cukup siangi tanaman, siram dengan air, lakukan pemupukan dan sesekali dangir bedegan agar tak terlalu padat.

Panen bisa dilakukan setelah kunyit berusia 8 sampai 18 bulan. untuk panen yang berkelanjutan, jangan mencabut semua kunyit saat panen, namun cukup di gali di sekitar batang kunyit untuk mengambil rimpang yang sudah besar.

RECENT POSTS