CARA MENANAM TOMAT DI POLYBAG ATAU POT

CARA MENANAM TOMAT DI POLYBAG ATAU POTCARA MENANAM TOMAT DI POLYBAG ATAU POT

Menanam tomat ,Bagi para netter yang ingin bertanam sayuran tetapi tidak punya lahan dapat mencoba bertanam sayuran di pot atau polybag. Menanam sayuran dipolybag atau pot dengan di lahan sawah atau kebun prinsipnya sama , mungkin ada sedikit perbedaan antara lain : pengairan ,pengendalian hama. Dibawah ini saya sampaikan cara menanam tomat di pot atau di polybag.

Untuk menanam tomat di pot atau di polybag yang perlu disiapkan antara lain :
Pot / polybag
Media tanah atau bokashi
Benih tomat
Sekrop kecil
Air
Tajuk dan tali

Teknik menanam tomat di polybag atau pot

Persiapan bibit untuk tanam tomat ,

ada 2 cara untuk mendapatkan bibit tomat yaitu dengan membeli bibit di tempat pembibitan atau membuat bibit dari biji tomat sendiri ,untuk membuat bibit sendiri , siapkan buah tomat yang sudah masak berwarna kuning atau merah, kemudian belah dan ambil biji nya , kemudian cuci sampai bersih dan jemur sampai kering , kemudian untuk membuat persemaian sederhana dirumah , siapkan wadah kaleng atau yang lainnya , basahi kapas lalu taruh bibit tomat di kapas dan masukan wadah kemudian tutup dan beri sedikit udara , diamkan beberapa hari , biji tomat akan tumbuh .

Masukan bokashi ke pot atau polybag sampai penuh , kemudian siram sampai basah merata , selanjutnya tanam bibit tomat (tinggi minimal 5 cm) ke pot atau polybag kemudian siram dengan air secukupnya , untuk pemasangan tajuk dilakukan apabila tanaman sudah tinggi nya 20 cm.

Perawatan tomat di pot yaitu penyiraman , penyiangan , pemupukan , dan pengendalian hama dan penyakit.

Untuk penyiraman lakukan secukupnya dan apabila tanah terlihat kering ,penyiangan dilakukan bila rumput telah tumbuh , pemupukan dilakukan umur 1 minggu ,2 minggu , 1,bulan .untuk mendapatkan pupuk di took pertanian kalau alternative nya bisa di kocor dengan vietsin, dosis 1 sendok makan per batang, kemudian siram dengan air. Untuk pengendalian hama , gunakan pembasmi hama ramah lingkungan , insektisida hayati.

 

Sumber: https://youtubers.id/buku-audio-bantu-anjing-tenang-saat-ditinggal/