Pengertian Likuiditas dan Perhitungan Rasio

Perusahaan adalah entitas perdagangan yang tujuan utamanya adalah untuk mendapat untung dan menghindari kerugian. Agar perusahaan dapat terus beroperasi, perusahaan perlu mempertahankan asetnya dari biaya, pengeluaran dan pengeluaran lainnya. Perbedaan antara biaya dan pengeluaran dalam akuntansi yaitu AI terletak pada manfaat yang diharapkan. Meskipun keduanya mahal, biaya AI diharapkan akan menguntungkan di masa depan. Sementara memuat bukan itu masalahnya. Biaya cenderung ke nilai konsumsi atau penyusutan aset tetap. Selain mengurangi biaya dan pengeluaran, untuk mempertahankan bisnisnya, perusahaan juga harus melakukan audit manajemen dan pengelolaan uang dengan benar. Definisi audit manajemen adalah penilaian efektivitas manajemen atau struktur organisasi secara obyektif dan independen. pencapaian tujuan atau kebijakan perusahaan. Kondisi perusahaan dapat dikatakan baik jika ada kondisi likuiditas yang baik. Arus kas adalah istilah umum dalam dunia akuntansi yang mengacu pada kondisi keuangan suatu perusahaan. Untuk detail lebih lanjut tentang arus kas, berikut ini menjelaskan definisi arus kas.

Pengertian Likuiditas

Menurut KBBI, kata arus kas dapat diartikan sebagai uang atau posisi moneter suatu perusahaan dan kemampuan untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo. Likuiditas juga dapat berarti tingkat aset lancar atau sekuritas perusahaan yang dapat dijual dengan cepat untuk melunasi kewajiban perusahaan dalam waktu dekat. Uang dianggap standar dalam likuiditas yang paling dapat diterima karena mudah ditukar dengan aset lain. Misalnya, jika seseorang menginginkan lemari es seharga 10.000 RP, maka ia dapat dengan mudah memasang uangnya untuk mendapatkan lemari es. Namun, jika seseorang hanya memiliki koleksi buku-buku tua yang diperkirakan bernilai Rs 10.000.000, apakah benar-benar mustahil baginya untuk mengganti buku-buku ini dengan kulkas Ai? Selain itu, ia sebelumnya menukar koleksi bukunya dengan uang senilai R 10.000.000. Mungkin tidak masalah jika pemilik buku memiliki sekitar satu bulan atau lebih untuk menjual buku dengan harga yang terjangkau. Tetapi itu menjadi masalah jika waktu yang disimpan oleh pemilik buku hanya sekitar beberapa hari. Jika demikian, pemilik buku akan mengambil berbagai cara untuk melikuidasi aset-aset ini secara tunai, termasuk dengan memberikan diskon yang mengurangi nilai aset-aset ini. Oleh karena itu, koleksi buku-buku lama dan berbagai media lainnya dianggap tidak likuid. Selain uang tunai, aset perusahaan yang dianggap memiliki likuiditas tinggi adalah surat berharga, seperti obligasi pemerintah dan saham.

Perhitungan rasio likuiditas

Sehingga kita bisa mengetahui seberapa besar perusahaan mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Kemudian, perbandingan dapat dibuat antara nilai setara kas dan kewajiban jangka pendek perusahaan. Secara umum, semakin tinggi likuiditas suatu perusahaan untuk menutupi kewajiban jangka pendek, semakin baik. Sebaliknya, jika aset yang dipegang oleh perusahaan tidak dapat memenuhi tanggung jawab jangka pendeknya, mungkin menjadi lampu merah bagi investor untuk mempertimbangkan kembali apakah mereka ingin menginvestasikan modalnya di perusahaan. Cara menghitung tingkat likuiditas adalah dengan menghitung rasio likuiditas. Inilah caranya.

1. Rasio lancar

Rasio Ai yang sebenarnya adalah cara paling sederhana untuk menghitung rasio likuiditas dibandingkan dengan metode lain. Perhitungan ini dimaksudkan untuk menentukan tingkat kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan aset lancar atau aset lancar (aset lancar). Jenis aset ini adalah aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam setahun. Rumus untuk menghitung rasio Ai – Ai saat ini adalah sebagai berikut:

Rasio lancar = aset lancar Ai ??: Ai? kewajiban lancar

Misalnya, sebuah perusahaan memiliki aset lancar $ 10 miliar dan kewajiban lancar $ 5 miliar. Rasio saat ini perusahaan adalah 2,0 kali. Signifikansi likuiditas perusahaan pada saat itu baik. Jika angkanya lebih dari 1,0 kali, berarti perusahaan masih dapat memenuhi kewajibannya. Sementara itu, jika nilainya kurang dari 1,0 kali, maka perusahaan berada dalam kesulitan keuangan.

Sponsor koneksi

2. Hubungan yang cepat

Rasio Ai yang cepat adalah penjelasan tambahan untuk rasio yang sebenarnya. Perhitungan “rasio cepat” Penn hanya menggunakan aset lancar paling likuid relatif terhadap kewajiban lancar. Persediaan tidak termasuk dalam perhitungan? Rasio cepat? saya membeli relan-meksiko. karena sulit untuk menukar uang tunai, sehingga rasio Ai cepat jauh lebih kuat daripada rasio Ai saat ini.

Sumber: www.guruakuntansi.co.id

Baca juga: