Kisah Pecinta Kopi The Henk Langkemper Collection

Kisah Pecinta Kopi The Henk Langkemper CollectionKisah Pecinta Kopi The Henk Langkemper Collection

Seperti kebanyakan dari kami di World of Coffee, Henk Langkemper mempunyai pengalaman pertama yang mengesankan dengan kopi pada usia yang relatif muda – beliau gres berusia 14 tahun ketika seorang ibu sahabat memberinya kopi dari seorang perintis Italia dari rumahnya di Den Haag.

Perlahan tapi pasti, ketertarikannya pada “kopi Italia” akan tumbuh

Perlahan tapi pasti, ketertarikannya pada “kopi Italia” akan tumbuh dikala beliau menghabiskan lebih banyak waktu bersama sahabat ini dan keluarganya: mesin espresso Brasilia muncul di dapur temannya setahun kemudian. Ini mungkin terdengar agak tidak biasa, mengingat tahun 1978 di Den Haag, tetapi ayah temannya ialah karyawan Faema yang lama.

Langkemper menyampaikan daya tariknya dengan mesin Faema tidak benar-benar, benar-benar dimulai hingga ia mulai bekerja bersama ayah temannya dalam penjualan dan tunjangan mesin kopi pada usia 23 tahun. Empat tahun kemudian, ia memulai perusahaan sendiri (Espresso Service West), menjual mesin espresso dan kopi untuk dipakai di rumah dan katering. “Tujuan aku ialah untuk mendukung kopi besar di mana-mana di Belanda sambil mencari nafkah,” kata Henk.

Sementara beliau bertemu dengan pelanggan suatu hari, Henk bertemu dengan mesin vintage pertamanya: Faemina tahun 1950-an untuk dipakai di rumah, ditemukan di ruang bawah tanah sebuah kafe renta yang tertutup. Setelah berseru betapa beliau sangat menyukai mesin itu, pelanggan menyampaikan untuk menjualnya kepadanya – “Saya sangat menyukainya, aku membelinya dari dia. Saya sangat senang!”

Henk sudah menjadi kolektor skuter Vespa dan Lambretta, tetapi tak usang kemudian beliau menemukan dirinya menjual koleksinya untuk menumbuhkan koleksi kecil mesin kopi vintage. Pada awalnya, beliau membeli apa pun yang sanggup beliau temukan, tetapi sehabis tiga tahun, beliau menyadari bahwa beliau sangat bersemangat perihal satu mesin tuas grup – terutama Faemas yang dibentuk antara tahun 1948 dan 1970 – dan mulai memfokuskan koleksinya. “Bagi saya, mesin tuas menciptakan secangkir espresso yang lebih baik dan lebih menarik,” kata Langkemper. “Saya sangat tertarik dengan bagaimana tekniknya berbeda dari mesin ke mesin, dan daya tarik ini hanya tumbuh ketika aku bertemu Enrico Maltoni, yang menjual aku satu grup Faema Marte yang diperbarui.”

 

Secara kebetulan, mesin Maltoni menjual Langkemper – Faema Marte – ialah mesin yang memulai koleksi mesin antik Maltoni sendiri, yang kini disimpan di museum pertama yang didedikasikan untuk mesin espresso antik yang bekerja sama dengan Cimbali (MUMAC). Sebagai salah satu pendiri dan pengelola MUMAC Resmi Maltoni, sebuah lokakarya khusus yang didedikasikan untuk memulihkan mesin espresso antik yang diproduksi antara tahun 1900 dan 1960, Enrico Maltoni ialah pendukung utama koleksi Henk.

Saat ini, Henk Langkemper Collection mempunyai lebih dari 300 barang – mesin, gerinda, dan aksesoris kopi antik – dan meskipun ia masih sangat menyayangi Faema, koleksi ini kini juga menyampaikan aneka macam model baik dari Faema dan La Marzocco yang diproduksi antara tahun 1948. dan 1970 bersama pabrikan lain. “Kemudian, ketika aku menjadi agen La Marzocco, aku bekerja keras untuk menemukan mesin La Marzocco usang – mereka jauh lebih sulit untuk ditemukan, alasannya ialah lebih sedikit yang diproduksi. Dalam beberapa kasus, ibarat Disco Volante Grinder yang sangat langka, hanya 50 yang pernah dibuat. ”Jika itu terdengar sulit untuk dijadikan sumber, pertimbangkan koleksi La Marzocco Rondine – hanya enam yang diketahui ada di dunia.

Koleksi Henk ialah ikon, tidak hanya dalam hal etos desain tahun 1950-an, tetapi juga sejarah espresso yang dibentuk di Italia. Digambarkan sebagai salah satu dari lima koleksi teratas di dunia untuk “kelengkapan historis,” Henk Langkemper Collection menyampaikan kepada para penerima World of Coffee kesempatan untuk mundur ke masa kemudian dan menghargai keindahan dan budi dari mesin-mesin kuno ini. “Kesempatan untuk memamerkan koleksi aku ialah hal yang sangat besar bagi aku dan semua teman-teman kolektor aku yang telah membantu aku beberapa bulan terakhir untuk mewujudkan hal ini.

Itu tidak akan mungkin tanpa Paul Pratt, Enrico Maltoni, Andreas dan Pascal Bourret, dan Enrico Wurm – terima kasih! ”

Satu hal yang koleksi itu hilang, ialah cinta vintage pertama Henk, Faemina yang beliau beli pada tahun 90-an: itu dicuri dari Espresso Service West beberapa tahun kemudian. Meskipun diasuransikan dan uang itu dipakai untuk membeli mesin lain untuk koleksi – model Faema Gas yang sangat langka, salah satu dari hanya lima yang diketahui ada – bahwa mesin asli, koleksi inspiratif tidak pernah sanggup diganti.

 

Sumber: http://rahmad.blog.unismuhpalu.ac.id/teks-laporan-hasil-observasi/?fbclid=IwAR3MiQvrCLDBWQQb87wC4pKgmC-SVnEQmIGCE_v91jEJVLG7f2oce9AN308/