Cara Daftar dan Menggunakan BPJS Kesehatan Online

Jadikan BPJS Kesehatan sekarang tidak harus mematuhi kantor BPJS terdekat. Anda dapat mendaftar langsung di ponsel Anda atau di depan layar komputer Anda melalui layanan kesehatan BPJS online baru. Bagaimana cara saya mendaftar untuk BPJS Health online? Lihatlah metode berikut.

Cara Mendaftar Kesehatan BPJS Online

Tidak semua orang punya waktu untuk antre dari pagi hingga sore. Karena itu, Administrasi Jaminan Sosial menyediakan layanan pendaftaran online yang memudahkan Anda.

Mendaftar Kesehatan BPJS online tidak sulit dan kondisinya mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer atau ponsel, serta akun email aktif dan nomor ponsel. Anda juga perlu menyiapkan beberapa file pribadi yang akan digunakan sebagai data pribadi di akun jaringan BPJS Health Anda.

Siapkan file dan perangkat yang perlu Anda gunakan, kemudian ikuti langkah-langkah tentang cara mendaftar BPJS Kesehatan online di bawah ini:

1. Proses daftar mengisi data pribadi
Pertama, buka situs BPJS Healthcare di sini. Silakan isi data pribadi sesuai dengan file pribadi yang Anda miliki dengan benar. Sertakan informasi lengkap, tanggal lahir dan informasi nomor ID (KTP)

2. Pilih kelas dan institusi di fasilitas kesehatan
Setelah mengisi rincian Anda, Anda sekarang harus memilih kelas fasilitas perawatan kesehatan, opsi rumah sakit rujukan, dan kontribusi akhir untuk warga negara asing yang ingin mendapatkan fasilitas perawatan BPJS.

Pilih kelas kesehatan sesuai keinginan Anda, dimulai dengan kelas I, II, III. Perlu diingat, bahwa bayarannya bervariasi setiap bulan.

3. Simpan data sendiri
Setelah Anda memasukkan informasi pribadi Anda, simpan dan tunggu tanggapan pendaftaran dari Institusi Kesehatan. Biasanya, BPJS Health akan mengirim nomor akun virtual melalui email. Silakan periksa email Anda secara berkala dan cetak lampiran.

4. Memproses pembayaran dan didaftarkan sebagai peserta
Setelah proses penyimpanan data pribadi, saatnya untuk membayar kontribusi BPJS Kesehatan pertama Anda. Anda dapat membayar melalui bank atau pos. Ingatlah untuk membawa nomor akun virtual Anda ketika Anda membayar petugas.

Setelah pembayaran selesai, cetak dan simpan bukti pembayaran. Anda sekarang terdaftar sebagai peserta di Institusi Kesehatan. Harap periksa kembali email Anda untuk mendapatkan kartu elektronik BPJS yang dapat Anda cetak sendiri.

5. Dapatkan kartu di cabang kesehatan BPJS terdekat
Anda juga dapat pergi ke kantor kesehatan BPJS terdekat ke departemen pencetakan kartu untuk mengumpulkan kartu ID. Berikan dia file, seperti formulir pendaftaran, nomor akun virtual dan bukti pembayaran kepada petugas.

Layanan apa yang dapat diperoleh dari BPJS Kesehatan online?

Sebagai warga negara Indonesia yang mengikuti aturan dan membayar kontribusi sesuai dengan kewajibannya, Anda tentu memiliki hak untuk menerima layanan kesehatan yang memadai. Jika Anda terdaftar sebagai anggota BPJS Health online, maka Anda akan memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan seumur hidup.

Inilah yang bisa Anda dapatkan:

1. Layanan kesehatan di klinik atau pusat kesehatan
Layanan kesehatan tingkat pertama (tergantung pada kelas yang Anda pilih) meliputi:

  • Administrasi layanan kesehatan gratis.
  • Mereka dapat menjadi layanan promosi dan pencegahan. Misalnya, seperti konseling, vaksinasi rutin, program keluarga berencana, dan pemeriksaan kesehatan untuk melihat risiko penyakit dan pencegahannya.
  • Anda memiliki hak untuk menjalani pemeriksaan medis, perawatan dan konsultasi.
  • Anda berhak mendapatkan perawatan medis umum, pembedahan atau tidak.
  • Anda memiliki hak untuk menerima layanan medis dan persediaan medis
  • Anda memiliki hak untuk transfusi darah sesuai dengan kebutuhan medis Anda.
  • Anda memiliki hak untuk melakukan diagnosa laboratorium tingkat pertama.
  • Anda berhak mendapatkan perawatan di rumah sakit di bawah Kelas Perawatan Kesehatan BPJS dan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

2. Layanan rujukan kesehatan di rumah sakit
Layanan kesehatan rujukan tingkat referensi bertujuan untuk memasukkan konsultasi, rumah sakit atau layanan bedah rumah sakit. Apa yang bisa kamu dapatkan?

  • Biaya untuk administrasi layanan kesehatan.
  • Pemeriksaan, perawatan dan konsultasi dengan dokter spesialis dan spesialis subspesialis.
  • Kegiatan medis yang memerlukan spesialis bedah dan non-bedah sesuai dengan rujukan dokter.
  • Layanan medis dan konsumsi (mis. Cairan intravena).
  • Layanan dukungan yang memerlukan beberapa diagnostik tambahan seperti yang disarankan oleh dokter Anda.
  • Rehabilitasi medis.

Layanan darah, seperti penyediaan kantong darah.
Layanan klinis forensik atau post-mortem untuk mendiagnosis dan mencari bukti kejahatan dari pasien yang.

Baca juga: