Cara Berobat Ke Luar Negeri Pakai Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memudahkan seseorang mengakses perawatan yang lebih baik. Di beberapa perusahaan asuransi, ruang lingkup akses ke perawatan juga diperluas, tidak hanya ke rumah sakit di negara ini, tetapi juga di luar negeri. Jadi bagaimana Anda menggunakan asuransi kesehatan jika Anda ingin berobat ke luar negeri? Lihatlah ulasan di bawah ini.

Mengapa begitu banyak orang mencari perawatan di luar negeri?

pergi ke luar negeri untuk pergi ke rumah sakit medis

Sumber: Forbes
Ahli teknologi dan medis di Indonesia telah berkembang dan maju. Bahkan, pemerintah juga menyediakan rumah sakit internasional untuk mendukung fasilitas dan kecanggihan peralatan medis. Namun, minat masyarakat untuk melakukan perawatan medis di luar negeri masih tinggi. Mengapa?

Menurut Carton Mohammad, mantan ketua Dewan Komisaris Asosiasi Medis Indonesia, seperti yang dilaporkan oleh Compass, ada beberapa alasan mengapa banyak orang Indonesia memilih untuk mencari perawatan di luar negeri.

Ini termasuk total biaya perawatan yang ternyata lebih murah, lebih memadai atau lebih canggih, dan perawatan kesehatan yang lebih baik yang diterima pasien.

Dapatkah asuransi kesehatan digunakan untuk perawatan di luar negeri?
Tes Pap
Walaupun asuransi kesehatan memudahkan Anda membayar perawatan di rumah sakit, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan produk yang berbeda.

Misalnya, asuransi kesehatan JKN-KIS yang dikeluarkan dan dioperasikan oleh BPJS Kesehatan. BPJS saat ini tidak menyediakan layanan perawatan dari rumah sakit asing.

Sementara itu, sudah ada beberapa perusahaan asuransi swasta nasional yang menyediakan layanan kesehatan di luar negeri. Khusus untuk perusahaan asuransi swasta internasional, akses ke perawatan di luar negeri tentu akan lebih mudah.

Jadi apakah asuransi dapat digunakan untuk perawatan di luar negeri tergantung pada asuransi yang Anda miliki.

Cara menggunakan asuransi kesehatan untuk perawatan medis di luar negeri

mendaftarkan asuransi kesehatan
Sebelum mengambil asuransi kesehatan, perusahaan asuransi biasanya menjelaskan sistem tanpa uang dan manfaat. Anda harus terlebih dahulu memahami kedua sistem ini untuk mendapatkan yang terbaik dari mereka. Termasuk mengurus biaya pengobatan untuk rumah sakit di luar negeri.

Sistem bebas tunai memfasilitasi permintaan untuk perawatan penggantian. Anda harus menunjukkan kartu keanggotaan asuransi rumah sakit yang bekerja dengan asuransi. Rumah sakit kemudian akan memeriksa masa aktif kartu asuransi Anda.

Jika Anda ingin bepergian ke luar negeri untuk perawatan non-tunai, periksa apakah rumah sakit pertama bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Selanjutnya, Anda harus menginformasikan rencana asuransi Anda.

Seperti dalam sistem penggantian, Anda harus membayar perawatan rumah sakit dengan biaya sendiri. Biaya pengobatan kemudian dapat diganti dengan asuransi sesuai permintaan. Sebelum meminta perawatan, Anda harus terlebih dahulu mengonfirmasi dengan administrator pihak ketiga (Administrator Pihak Ketiga / TPA).

Setelah perawatan, tagihan atau tagihan untuk pembayaran rumah sakit, catatan pemeriksaan, dan surat dari dokter harus diserahkan ke asuransi untuk menerima penggantian, yang juga dikenal sebagai penggantian.

Bantuan untuk perawatan di luar negeri dengan asuransi kesehatan
gandakan asuransi sesuai permintaan
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan asuransi kesehatan untuk mencari perawatan di luar negeri, termasuk:

  • Pastikan polis Anda masih aktif dan tidak ada hadiah yang tersisa.
  • Pastikan layanan asuransi yang Anda pilih memberikan akses ke perawatan medis di luar negeri.
  • Pilih rumah sakit asing yang bekerja dengan perusahaan asuransi Anda.
  • Pastikan tindakan dan perawatan yang Anda inginkan benar-benar ditanggung oleh asuransi, karena ada beberapa kegiatan seperti operasi plastik kosmetik yang tidak ditanggung oleh asuransi.
  • Konfirmasikan asuransi pra-perawatan dan isi dokumen yang diperlukan
  • Dapatkan konfirmasi jadwal perawatan medis Anda dari rumah sakit yang Anda maksudkan.
  • Pilih biaya perawatan yang dapat dibayar oleh asuransi sehingga Anda tidak perlu membayar selisih harga.

Hello, Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa, atau perawatan. Lihat halaman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: