Berlangsungnya Perang Pasifik

Berlangsungnya Perang Pasifik

Peristiwa penting yang saya maksudkan di atas adalah justru yang terjadi pada tanggal 7 Desember 1941 dimana Jepang menyerang Pearl Harbor secara mendadak. Hampir semua kapal tempur AS dapat dimusnahkan Jepang, hanya beberapa saja yang bisa lolos. Hampir separuh pejuang AS mati dan badannya diabadikan kapal tempur tersebut.

Pada pertengahan bulan Maret 1942 Jepang berhasil menguasai seluruh Asia Tenggara. Pemerintahan boneka didirikan. Kemudian mengangkat Chester Nimitz dan Douglas MacArthur sebagai pemimpin pasukan Sekutu di Front Pasifik.

Pasukan Jepang dari Rabaul (utara Pulau New Guinea) lalu diperintahkan untuk menguasai Port Moresby (bagian selatan New Guinea) dan bertujuan agar bisa menjadikan kota tersebut sebagai pangkalan baru untuk memukul mundur Australia. Dan rencana tersebut gagal, karena berhasil dipukul mundur dahulu oleh pasukan AS yang berada di Laut Koral.

Jepang mengalihkan fokus menguasai Pulau Midway setelah gagal menguasai Port Moresby. Rencana tersebut juga gagal karena AS berhasil menyadap percakapan militan Jepang yang pada akhirnya mengetahui jika Jepang beralih fokus untuk menguasai Midway. Sehingga sekutu AS bisa menyusun dan melancarkan aksi melumpuhkan Jepang.

Dan kemenangan dari pertempuran di Midway berada ditangan sekutu AS.

Akibat yang timbul dari Perang Pasifik

Selain banyak memakan korban jiwa, bahkan ditaksir sekitar 25 juta jiwa yang melayang, dampak lain yang ditimbulkan dari adanya Perang Pasifik adalah sebagai berikut:

Kemenangan Blok Sekutu menjadikan Kepulauan Jepang berhasil diduduki juga oleh sekutu.
Wilayah yang sempat diinvasi Jepang kembali jatuh ke tangan penguasa lamanya.
Beberapa negara jajahan Eropa berhasil memerdekakan diri, termasuk Indonesia.
Kekalahan Jepang mengakibatkan Jepang kehilangan wilayah jajahan dalam Perang Dunia I meliputi Korea, Manchuria, Asia Tenggara dan beberapa daerah di Kepulauan Pasifik
Jepang tidak diperbolehkan memiliki angkatan perang
Kaisar Jepang kehilangan status “dewa”, yang selama itu di agung-agungkan rakyatnya

Pihak yang terlibat dalam Perang Dunia II

Tanggal : 1 September 1939 – 2 September 1945.

Lokasi : Eropa, Pasifik, Asia Tenggara, Timur Tengah, Mediterania dan Afrika.

Hasil : Kemenangan sekutu, munculnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai negara adidaya, terbentuknya blok-blok yang menjurus ke Perang Dingin, mulai lepasnya negara-negara jajahan Eropa.

Sumber: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/14/jasa-penulis-artikel/