Pasar semikonduktor bakal melonjak di era 5G, apa itu semikonduktor?

Pasar semikonduktor bakal melonjak di era 5G, apa itu semikonduktor?

Pasar semikonduktor bakal melonjak di era 5G, apa itu semikonduktor

Pasar atau permintaan komponen penghantar daya listrik, semikonduktor, diperkirakan bakal tumbuh tinggi pada era 5G mendatang yang diikuti dengan berkembangnya Internet of Things (IoT) di dunia.

Kebutuhan akan pusat data akan besar di masa mendatang. Pusat data beroperasi 24 jam sehari, 365 hari setahun, sehingga kebutuhan daya untuk peralatan mereka sangat besar dan efisiensi energi adalah masalah utama, kata Akihiro Kawano dari Divisi Semikonduktor Diskrit, Toshiba Electronic Devices & Storage Corporation.

Beberapa pasar potensial untuk komponen semikonduktor, kata Kawano, termasuk sektor peralatan rumah tangga dan gawai digital yang digunakan semua orang, juga mobil listrik, yang diharapkan menjadi semakin umum. Kereta api, termasuk kereta komuter dan kereta cepat Shinkansen juga menggunakan sejumlah besar komponen diskrit.

“Kecepatan transmisi smartphone meningkat secara dramatis,

dan transisi dari 4G ke 5G tidak jauh. Secara alami, peningkatan kecepatan transmisi akan menyebabkan peningkatan volume data yang dikirim, dan kami akan membutuhkan lebih banyak pusat data. Itulah mengapa kita dapat mengharapkan permintaan yang lebih tinggi untuk komponen diskrit, yang menghemat energi dan ruang,” jelas Kawano dalam siaran pers Toshiba, Selasa.

Toshiba yang juga menyediakan tiga jenis semikonduktor diskrit,

yakni perangkat daya, perangkat sinyal kecil, dan perangkat opto, menjelaskan mengenai apa itu semikonduktor.

Dari zat pembentukkannya, semikonduktor diskrit dapat dibagi dalam dua kategori. Zat yang menghantarkan listrik disebut konduktor dan yang tidak disebut isolator. Namun, ada beberapa zat yang berada di antaranya, yakni semikonduktor. Zat ini bisa menghantarkan listrik tergantung pada kondisi tertentu.

Perangkat daya adalah sakelar, sederhananya. Mereka terutama

melakukan peran beralih dari arus searah ke arus bolak-balik atau sebaliknya, menaikkan dan menurunkan tegangan, dan mengatur daya secara efisien. Mereka digunakan untuk kontrol daya dan kontrol suhu dalam segala hal mulai dari peralatan rumah tangga hingga pembangkit listrik.

 

 

sumber :

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/seva-mobil-bekas/