Pengertian Media Pembelajaran Audio Visual

Pengertian Media Pembelajaran Audio Visual

Pengertian Media Pembelajaran Audio Visual

Media berdasarkan asal katanya dari bahasa latin

medium, yang berarti perantara. Media oleh karenanya dapat diartikan sebagai perantara antara pengirim informasi yang berfungsi sebagai sumber atau resources dan penerima informasi  atau receiver. Dalam proses belajar, media berperan dalam menjembatani proses penyampaian dan pengiriman pesan dan informasi. Dengan menggunakan media dan teknologi, proses penyampaian pesan dan informasi antara pengirim dan penerima akan dapat berlangsung dengan efektif.

Menurut Wina Sajaya media pembelajaran adalah segala sesuatu seperti alat, lingkungan, dan segala bentuk kegiatan yang dikondisikan untuk menambah pengetahuan, mengubah sikap, atau menanamkan keterampilan pada setiap orang yang memanfaatkannya. Kemudian, dari batasan ini minimal ada dua hal yang harus dipahami. Pertama, media pembelajaran tidak terbatas pada alat saja seperti TV, radio, dan CD, akan tetapi meliputi pemanfaatan lingkungan baik yang di desain maupun tidak untuk pembelajaran serta kegiatan yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Yang kedua, media digunakan untuk menambah pengetahuan, mengubah sikap atau digunakan untuk menanamkan keterampilan tertentu. Ini berarti dalam alat dan kegiatan yang dirancang itu mengandung pesan tertentu sesuai dengan tujuan penggunaan media itu sendiri.

Perkembangan teknologi komunikasi digital yang berlangsung pesat seperti yang terjadi saat ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semua aspek kehidupan manusia termasuk di dalamnya bagaimana manusia melakukan aktivitas belajar. Media yang dapat digunakan guru salah satunya adalah media audio visual pada pembelajaran IPS di SD/MI.

Media video tergolong sebagai media audio visual yang mampu menayangkan unsur pesan dan informasi melalui gambar dan suara yang disampaikan secara stimulant. Keunggulan inilah yang membuat media video sangat banyak digunakan sebagai sarana untuk memperoleh dan mengkomunikasikan pesan secara lengkap. Program video dapat menjadi medium yang efektif jika digunakan untuk mengkomunikasikan informasi atau pengetahuan yang mencakup kombinasi unsur gerak dan unsure suara di dalamnya. Melalui penggunaan medium video pemirsa dapat melihat suatu proses dan peristiwa secara berkesinambungan dengan tingkat realism yang tinggi. Artinya teknologi video yang ada saat ini telah memungkinkan penggunaannya untuk menyimak unsur audio dan unsur video dengan kualitas yang sejelas mungkin.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/jet-truck-racing-apk/