Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah

  1. Pengertian IPS

Ilmu pengetahuan Sosial merupakan integritas dari berbagai cabang ilmu-ilmu social dan humaniora, yaitu: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, antropologi, psikologi social, ilmu politik, dan filsafat. Ilmu Pengetahuan Sosial dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena social yamg mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu sosial.

Pelajaran IPS di SD mengajarkan konsep-konsep ilmu social untuk membentuk subjek peserta didik menjadi warga Negara yang baik. Berdasarkan pendapat diatas penulis dapat simpulkan bahwa IPS merupakan ilmu pengetahuan tentang manusia dan lingkungan hidupnya serta kegiatan hidup berkelompok.

  1. Karakteristik IPS

Menurut Chapin dan Messick (dalam Susanto, 2014: 10) karakteristik pembelajaran IPS adalah:

  1. Memberikan pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam bermasyarakat pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang.
  2. Mengembangkan keterampilan untuk mencari dan mengolah informasi.
  3. Mengembangkan nilai sikap demokrasi dalam bermasyarakat.
  4. Menyediakan kesempatan siswa untuk berperan serta dalam kehidupan sosial.
  5. Ditunjukan pada pembekalan pengetahuan, pengembangan berpikir dan kemampuan berpikir kritis, melatih kebebasan keterampilan dan kebiasaan.
  6. Ditunjukan kepada peserta didik untuk mampu memahami hal yang
  7. bersifat konkret, realistis dalam kehidupan sosial.

Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa, karakteristik IPS merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang menyangkut masalah social seperti peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi, dan pengelolaan lingkungan.

  1. Tujuan IPS

Pada kurikulum 2013 tujuan pembelajaran IPS dinyatakan sebagai berikut (Widarwati dan Wijayati, 2016: 9) yaitu:

  1. IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative social studies,bukan sebagi pendidikan disiplin ilmu, sebagi pendidikan beriontasi aplikasi, pengembnagn kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan tanggung jawab terhadap lingkungan social dan alam.
  2. Muatan pembelajaran di sekolah  yang berbasis konsep- konsep terpadu dari berbagai disiplin ilmu untuk tujuan pendidikan adalah Ilmu Pendidikan Sosial.
  3. Pada hakikatnya IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran dalam bentuk Integrated Sosial Studies.
  4. Tujuan pendidikan IPS menekankan pada pemahaman tentang bangsa, semangat kabangsaan, patriotism dan aktivitas masyarakat dibidang ekonomi dalam wilayah Negara Kesatuan Republic Indonesia.
  5. Pendidikan IPS menggunakan pendekatan Trans-disciplinaritydimana batas disiplin ilmu tidak lagi tampak secara tegas dan jelas.
  6. Pembelajaran IPS diintegrasikan melalui konsep ruang, koneksi antar ruang dan waktu.

Secara umum tujuan pendidikan IPS pada tingkat SD untuk membekali peserta didik dalam bidang Pengetahuan Sosial. Adapun secara khusus tujuan IPS di SD adalah sebagai berikut:

  1. Pengetahuan social yang berguna dalam kehidupan
  2. Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat
  3. Kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat
  4. Kesadaran sikap mental yang positif dan keterampilan terhadap pemanfaatan lingkungan
  5. Kemampuan mengembangkan pengeatahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, masyarakat, pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga :