Mengenal Google Family Link, Aplikasi Pengawas Anak Bermain Gadget

Mengenal Google Family Link, Aplikasi Pengawas Anak Bermain Gadget

 

Mengenal Google Family Link, Aplikasi Pengawas Anak Bermain Gadget
Mengenal Google Family Link, Aplikasi Pengawas Anak Bermain Gadget

Ponsel pintar atau smartphone tidak menjadi barang yang mewah lagi. Hampir semua orang memilikinya, bahkan para orang tua pun membelikan anak mereka gawai. Namun, sudahkah para orang tua memantau kegiatan anak mereka dalam menggunakan smartphone-nya?

Pada bulan Maret 2017, Google merilis sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh para orang tua mengawasi anak mereka saat menggunakan gawai. Aplikasi tersebut adalah Google Family Link yang memungkinkan orang tua untuk menetapkan aturan digital kepada anak dalam mengakses smartphone-nya.

Bagi orang tua yang memberikan hadiah berupa perangkat ponsel pintar kepada anak mereka terlebih yang masih berusia di bawah 13 tahun, aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan untuk mengontrol kegiatan anak. Hal itu mengacu pada aturan Google yang memungkinkan pengguna mendaftar ketika pengguna berusia minimal 13 tahun.

Dilansir dari laman aplikasinya, Google Family Link dapat digunakan oleh para orang tua untuk mengatur situs web apa saja yang dapat dikunjungi oleh si anak. Selain itu, para orang tua berperan juga dalam memberikan ijin terhadap aplikasi apa saja yang akan diunduh anak pada gawai mereka.

Jika si anak lupa waktu dalam memainkan gawainya, orang tua dapat mengatur jam-jam kapan anak dapat menggunakan perangkat mereka. Tidak hanya itu, melalui perangkat yang dibawa anak, orang tua dapat melihat dan mengetahui lokasi anak saat mereka tidak berada di rumah melalui perangkat yang dibawa.

Dengan lengkapnya fitur dalam aplikasi tersebut, orang tua dapat lebih piawai dalam mengawasi penggunaan smartphone anak.

Membuat dan mengaktifkan akun Google Family Link tak rumit. Dilansir dari Android Authority, ada beberapa syarat yang harus dimiliki sebelum mendaftar. Syarat pertama, anak harus memiliki akun Google mereka sendiri.

Kedua, akun Google anak harus menjadi bagian dari Google Family Link. Ketiga, akun Google milik anak harus menjadi satu-satunya akun di perangkat ponsel pintarnya. Jika tidak, Family Link akan menghapus otomatis semua akun Google lain selain akun yang didaftarkan.

Baca juga:

Risiko Kecanduan Gawai pada Anak-anak
Pentingnya Penerapan Screen Time Gawai pada Anak-anak

Hal yang perlu diingat selama proses pendaftaran akun adalah orang tua harus melakukan input pada masing-masing gawainya dan milik anak. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat memanfaatkan aplikasi Google Family Link:

Pada masing-masing perangkat ponsel, unduh aplikasi Google Family Link di App Store untuk perangkat iOS atau Google Playstore pada perangkat Android. Pada perangkat milik orang tua, unduh aplikasi Google Family Link untuk orang tua dan Google Family Link untuk anak pada perangkat anak. Keduanya adalah aplikasi yang berbeda

[Perangkat orang tua] Buka aplikasi tersebut dan ketuk tombol berikutnya untuk menavigasi melewati layar pembuka. Pilih akun Google Anda jika diminta

[Perangkat orang tua] Pilih akun Google anak Anda sebagai akun yang ingin diawasi

[Perangkat orang tua] Aplikasi akan meminta Anda untuk mendapatkan telepon anak Anda. Tekan tombol berikutnya di layar untuk menampilkan kode tautan

[Perangkat anak] Buka aplikasi Family Link dan pilih opsi Perangkat Ini atau This Device

[Perangkat anak] pilih akun Google anak Anda

[Kedua perangkat] Perangkat milik anak akan meminta kode tautan dari perangkat orang tua. Masukka kode tersebut

[Perangkat anak] Masukkan email akun Google anak untuk memverifikasi jika diminta

[Perangkat orang tua] Tekan berikutnya hingga aplikasi meminta Anda untuk menyelesaikan pengaturan pada perangkat anak

[Perangkat anak] Pada waktu ini, aplikasi akan meminta banyak izin. Teruslah tekan selanjutnya untuk mengizinkan semua pengaturannya

[Perangkat anak] Beri nama perangkat anak saat diminta

[Perangkat anak] Google Family Link akan menanyakan kepada Anda aplikasi apa saja yang Anda izinkan untuk diakses oleh anak Anda. Anda dapat menekan pada tolak atau terima pada aplikasi yang Anda inginkan dan tekan berikutnya

Google Family Link mendukung perangkat Android dengan OS minimal 4.4 atau Kitkat ke atas, sedangkan di iOS minimal 9.0 ke atas.

Sumber:

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/seva-mobil-bekas/