Busetdah … Tokopedia Menerima Investasi 1,2 Trilyun Dari SoftBank dan Sequoia

Busetdah … Tokopedia Menerima Investasi 1,2 Trilyun Dari SoftBank dan Sequoia

 

Busetdah ... Tokopedia Menerima Investasi 1,2 Trilyun Dari SoftBank dan Sequoia
Busetdah … Tokopedia Menerima Investasi 1,2 Trilyun Dari SoftBank dan Sequoia

Kemarin Tokopedia telah mengumumkan Menerima Investasi 1,2 Trilyun Dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia. Menurut kabar Investasi ini merupakan rekor investasi pertama dengan nilai 100 juta USD yang berhasil dicatat oleh perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara (setidaknya untuk yang pernah diumumkan ke publik). Ini juga menjadi babak investasi terbesar yang pernah diterima oleh sebuah perusahaan internet asal Asia Tenggara hingga hari ini. Sumber Tokopedia.

Investasi ini merupakan investasi pertama SoftBank Internet and Media untuk perusahaan internet di Indonesia, demikian juga merupakan investasi pertama Sequoia Capital di Indonesia. SoftBank sendiri merupakan investor terbesar dari Alibaba di China, Yahoo Japan, Supercell (perusahaan game di balik Hay Day dan Clash of Clans). Sementara Sequoia Capital merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

Seperti yang bero sest tahu, Sequoia juga pernah berhubungan bisnis dengan beberapa pengusaha tertinggi di dunia termasuk Steve Jobs. Apple, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, Zappos, AirBnB, WhatsApp, Instagram semua perusahaan ini adalah perusahaan yang telah membangun produk kelas dunia yang mengubah dunia dalam dekade terakhir ini, dan semuanya memiliki satu kesamaan lain. Sama-sama didanai oleh Sequoia Capital di awal perjalanan mereka. Bahkan tak luput semua orang “Mafia Paypal,” seperti Google Larry Page, David Filo dan Jerry Yang dari Yahoo.

Model bisnis Tokopedia adalah konsumen-to-consumer (C2C), yang juga merupakan model bisnis yang sama seperti awal awal Alibaba Taobao, yang mengalahkan Ebay di China dan kemudian menjadi situs e-commerce top China. Namun beberapa tahun kemudian, Alibaba merubah model bisnis mereka menjadi business-to-consumer (B2C).

Untuk saat ini sih saingannya Tokopedia di Indonesia sendiri meliputi TokoBagus yang udah jadi OLX, Berniaga, Bukalapak, FJB Kaskus dan masih banyak lagi. Belum situs situs seperti Facebook, Twitter dan Instagram yang berubah menjadi Toko Online :mrgreen: . Bahkan jika nantinya akan seperti Alibaba, di Indonesia sendiri Tokopedia sudah harus siap berkompetitor dengan Lazada dengan anak turunya dan juga Elevina serta masih banyak situs lainnya. Belum lagi harus siap berkompetitor dengan DX, Aliexpress dan Focalprice dengan Free Shipping yang sudah mulai banyak diakses.

Yang masih menjadi budaya jual beli online di Indonesia sendiri adalah masih merakyaknya sistem COD dan tranfer

antar bank. Walau sudah ada media seperti Kartu Kredit, Paypal, iPaymu dan masih banyak lagi. Namun dua metode itu masih paling banyak digunakan maka dari itu tak heran seperti Jual Tokopedia dan Bukalapak menggunakan sistem escrow . Atau pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Di Kaskus sendiri banyak Jasa Rekber.

Datangnya Mas Mark Zuckerberg ke Indonesia kemarin juga merupakan angin segar karena dengan bantuan yang katanya akan dia berikan untuk memajukan internet di Indonesia tentunya akan membuat pengguna Internet di Indonesia akan semakin banyak.

Sekali lagi selamat buat Mas William Tanuwijaya, CEO of Tokopedia atas Investasi ini. Kita tunggu saja gebrakan Tokopedia dan Menkominfo kita yang baru :mrgreen:

Tentang Tokopedia
Tokopedia merupakan online marketplace yang memungkinan setiap individu dan pemilik bisnis di Indonesia membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online aman dan nyaman. Tokopedia berdiri pada 17 Agustus 2009, dengan visi Membangun Indonesia yang lebih baik melalui Internet. Sejak berdiri, Tokopedia telah mendapatkan investasi dari PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), BEENOS (2012), and SB Pan Asia Fund (2013).
Silakan kunjungi https://www.tokopedia.com untuk informasi lebih lanjut.

Tentang SoftBank Group

SoftBank Corp. (ソフトバンク株式会社 Sofutobanku Kabushiki-gaisha?) (TYO: 9984) adalah sebuah perusahaan

telekomunikasi danmedia Jepang yang bergerak dalam penyediaan beberapa jasa seperti Internet pita lebar, telekomunikasi seluler, dan keuangan. Perusahaan ini didirikan oleh Masayoshi Son di Tokyo pada 3 September 1981. Anak perusahaannya, SoftBank Mobile (sebelumnya bernama Vodafone Japan) adalah operator jaringan seluler 3G terbesar ketiga di Jepang. SoftBank juga adalah pemegang saham terbesar Yahoo! Japan. Beberapa perusahaan lain miliknya adalah IDC Frontier (pusat data), SoftBank BB (ADSL), GungHo (game), dan SBI Group (keuangan).[4]

SoftBank menjadi pemilik klub bisbol Fukuoka SoftBank Hawks pada Januari 2005. Selain itu, stadion Hawks, Fukuoka Dome, berubah namanya menjadi “Fukuoka Yahoo! Japan Dome” pada tahun yang sama setelah Yahoo! Japan membeli hak milik nama stadion.

Tentang Sequoia Capital

Sequoia Capital merupakan sebuah firma kapital bersama yang didirikan oleh Don Valentine tahun 1972. Rekannya

meliputi Don Valentine, Randy L. Ditzler, Greg McAdoo, Pierre Lamond, Michael Moritz, Doug Leone, Gauvrav Garg, Michael Goguen, Mark Stevens, Jim Goetz, Sameer Gandhi, Roelof Botha, dan Mark Kvamme. Sequoia telah bekerja dengan para pendiri perusahaan yang legendaris seperti Steve Jobs dari Apple, Larry Ellison dari Oracle, Len Bosack dan Sandy Lerner dari Cisco, David Filo dan Jerry Yang dari Yahoo!, Max Levchin, Elon Musk dan Peter Thiel dari PayPal, Sergey Brin dan Larry Page dari Google, Steven Chen dan Chad Hurley dari YouTube, serta Reid Hoffman dan Jeff Weiner dari LinkedIn. Sequoia Capital memiliki kantor di AS, Cina, India dan Israel. Sequoia telah mendanai perusahaan seperti Cisco Systems, Oracle dan Apple.

Baca Juga: