Peneliti Menemukan Asal Bau Durian

Peneliti Menemukan Asal Bau Durian

Peneliti Menemukan Asal Bau Durian
Peneliti Menemukan Asal Bau Durian

PARA ilmuwan di Singapura baru-baru ini memetakan genom durian

, yang di seluruh Asia Tenggara dikenal sebagai ‘raja buah’ karena keunikan bau, rasa, dan kulitnya yang berduri. Mereka mengidentifikasi gen-gen yang bertanggung jawab pada senyawa bau yang disebut senyawa sulfur volatil (VSC) dan mendapati gen-gen ini menjadi sangat aktif pada buah durian yang sudah matang sehingga menimbulkan bau yang tidak biasa.

“Bagi yang tidak biasa, aroma durian seperti kombinasi antara

campuran bawang, buah-buah manis, serta asam pada bumbu sup. Bahkan juga dideskripsikan seperti bau telur busuk,” kata ahli genetika Bin Tean Teh yang memimpin penelitian tersebut.

Para peneliti mengatakan bau ini mungkin penting bagi durian

di alam untuk membantu menarik binatang memakannya dan menyebarkan bijinya. Tidak seperti spesies tumbuhan lain yang biasanya memiliki satu atau dua kopi gen-gen tersebut, spesies ini punya empat kopi, menunjukkan bahwa produksi VSC sangat tinggi pada buah durian. Para ilmuwan me­runut genom durian jenis musang king dan mendapati buah itu memiliki sekitar 46.000 gen, hampir dua kali lipat jumlahnya jika dibandingkan dengan genom manusia. (Antara/National Geographic/Grt/L-2)

 

Baca Juga :