2024, Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

2024, Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

2024, Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia
2024, Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Rina Indiastuti menargetkan Unpad

menembus peringkat 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia pada 2024. Saat ini, Unpad menduduki posisi 651-700 QS World University Ranking.

Perguruan tinggi negeri dari Indonesia yang sudah menembus 500 besar dunia hanya Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia. Rina mengatakan, target tersebut realistis mengingat Unpad sudah masuk 10 besar Indonesia.

“Departemen dan program studi harus semakin berkontribusi,”

kata Rina dikutip dari akun resmi unpad.ac.id, Jumat 27 Desember 2019. Rina menyampaikan hal tersebut saat melakukan pertemuan dengan Ketua Departemen (Kadep) dan Ketua Program Studi (Kaprodi) di lingkungan Unpad.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Sebut Mahasiswa Harusnya Merdeka dalam Belajar

Ia menjelaskan isu strategis dalam pengembangan Unpad 5 tahun ke depan. Antara lain, isu peningkatan kompetensi dan kinerja sumber daya manusia. Menurut dia, Kadep harus bisa mengelola dosen untuk bisa menuju internasionalisasi.

Sementara Kaprodi diharapkan mengelola sistem pembelajaran

yang unggul selaras dengan revolusi industri 4.0. “Kaprodi harus bisa menjamin lulusan Unpad memiliki 4 kriteria, yaitu kompeten, kompetitif, berkarakter, dan produktif,” kata Rina.

Dalam arah kebijakan renstra Unpad 2020–2024, Unpad mengusung slogan “Unpad Motekar dalam Wujudkan Sapta Karsa (7S)”. Sejumlah rencana program unggulan tertuang dalam Sapta Karsa Unpad, antara lain: Satu Dosen Satu Publikasi Internasional Bereputasi (Sensasi), Satu Tendik dengan Satu Karya (Sadikdaya), dan Satu Mahasiswa Satu Prestasi (Swadesi).***

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/