PERUBAHAN KEPEMILIKAN PERSEKUTUAN

PERUBAHAN KEPEMILIKAN PERSEKUTUAN

PERUBAHAN KEPEMILIKAN
PERUBAHAN KEPEMILIKAN

Perubahan Kepemilikan Persekutuan bisa terjadi karena banyak hal. Diantaranya, yang menjadi penyebab terjadinya Perubahan Kepemilikan Persekutuan adalah dibubarkannya persekutuan itu sendiri. Ketika persekutuan secara hukum resmi di disolusi(pembubaran persekutuan TIDAK diikuti pembubaran perusahaan) baik dengan masuknya sekutu baru atau dengan berhenti atau meninggalnya sekutu lama. Suatu perjanjian persekutuan baru perlu dibuat untuk kelanjutan usaha persekutuan.

PENYERAHAN KEPEMILIKAN KE PIHAK KETIGA

Persekutuan tidak didisolusi jika sekutu menyerahkan kepemilikannya dalam persekutuan kepada pihak ketiga karena penyerahan ini sendiri tidak mengubah hubungan antarsekutu. Apabila si penerima tidak menjadi sekutu, perubahan satu-satunya yang dibutuhkan pada buku persekutuan adalah transfer modal sekutu yang memberi ke si penerima.

Sebagai penyerahan kepemilikan Mardi sebesar 25% ke Ani pada persekutuan Mardi Ani dicatat sebagai berikut :

Jumlah modal yang ditransfer sama dengan jumlah yang dicatat untuk modal Marko saat diserahkan, dan itu juga tidak berhubungan dengan perhitungan yang diterima Marko atas 25% kepemilikannya.

MASUKNYA SEKUTU BARU
Sekutu baru dapat diterima dengan kesepakatan bersama antarsekutu lama. Persekutuan lama didisolusi dan perjanjian yang baru diperlukan untuk operasi persekutuan selanjutnya. Jika tidak ada perjanjian yang baru, maka seluruh laba dan rugi dalam persekutuan yang baru dibagi secara merata.

Seseorang bisa menjadi sekutu dalam sebuah persekutuan yang telah berjalan dengan cara membeli kepemilikan satu atau lebih sekutu lama dengan persetujuan seluruh sekutu lama yang lain, atau dengan cara menginvestasikan sejumlah uang atau sumber daya ke dalam persekutuan. Untuk kedua cara tersebut, buku persekutuan harus ditutup untuk memperbaharui perkiraan modal sebagai antisipasi perjanjian persekutuan yang baru. Namun, situasi ini berbeda jika persekutuan tidak menerima sumber daya saat pihak ketiga membeli kepemilikan langsung dari sekutu lama, tapi ia menerima sumber daya baru saat pihak ketiga menjadi sekutu melalui investasi langsung dalam persekutuan.

Sumber : https://www.briefingwire.com/pr/dosenpendidikan-releases-abrand-new-article-onthe-respiratory-system-of-different-animals