SMPN 14 Mulai Gerakan Program ‘SAKU’

SMPN 14 Mulai Gerakan Program ‘SAKU’

SMPN 14 Mulai Gerakan Program ‘SAKU’
SMPN 14 Mulai Gerakan Program ‘SAKU’

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor akan melanjutkan program Sekolah Kinclong

dan Sehat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh kepala Sekolah Dasar ( SD) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP). Semua sekolah baik swasta maupun negeri diwajibkan mengikutinya demi membangun Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM) yang aman dan nyaman.

Tak heran bila setiap kepala sekolah diperbolehkan untuk berkreasi dalam mewujudkan sekolah kinclong dan sehat. Rupanya program ini juga telah diterapkan di SMP Negeri 14.

”Idenya berasal dari sekolah kinclong dan sehat sehingga kami melakukan terobosan dengan melakukan gerakan gerakan Sampah Ku Bukan Untuk Mu ( SAKU ) lalu sekolah tidak lagi menyediakan tempat sampah,” ungkap Kepala SMPN 14 Dapat Sudrajat.

Menurutnya pada waktu itu di lingkungan sekolahnya banyak disediakan tempat sampah.

Namun, dalam pengangkutan sampahnya itu sendiri agak kurang efektif sehingga menimbulkan dampak kurang bagus bagi proses KBM. “Ya terus terang, lingkungan sekolah jadi bau dan kotor,” kata Dapat.

Sampai akhirnya gerakan SAKU yang dibentuk mendapat respon positif positif dari guru dan komite. Selain itu, dengan mengantongi sampah oleh para guru dan anak didiknya dapat membentuk karakter siswa yang cinta

kebersihan serta mau menjaga lingkungan.

”Untuk menyukseskan program SAKU, Kami pun merekrut beberapa siswa sebagai Duta Remaja Cinta

Lingkungan yang siap menegur teman sebayanya dan memungut sampah yang masih tercecer,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Duta Remaja Cinta Lingkungan, Citra Amelia siswa Kelas 8 sangat mendukung gerakan ini karena sekolahnya jadi lebih bersih dan nyaman. Dan sebagai Ketua dirinya tidak sugan – segan menegur jika kedapatan teman – temannya masih ada yang membuang sampah sembarangan.

”Kami merasa senang dengan adanyab Gerakan ini karena dilingkungan sekolah sudah tidak tercium bau yang kurang enak dan lingkungan sekolah menjadi aman serta nyaman.” pungkasnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/BYJB6KN