Struktur pasar adalah

Table of Contents

Struktur pasar adalah

Struktur pasar adalah
Struktur pasar adalah

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Pada presentaasi kelompok 4 ini mendiskusikan tentang monopoli pasar di Indonesia. Dan baru kemarin saya membaca artikel seseorang mengenai tanggapan tentang sumber daya Indonesia yang sebenarnya sungguh kaya. Didalam artikel itu seorang remaja ingin menjemput saudaranya yang tinggal di luar negeri. Saya jelaskan sedikit mengenai artikel tersebut. Saat remaja itu sudah menjemputnya saudaranya tiba-tiba didalam perjalanan orang itu menatapi kea rah luar dan berkata “world need Indonesia, Indonesia don’t need world.” Mendegar kalimat tersebut remaja itu kaget dan menanyakan maksudnya dan  sekali lagi orang itu menjawab “world need Indonesia, Indonesia don’t need world.” Lalu dia menjelaskan masudnya. Dan yang dia maksud itu adalah sumber daya Indonesia yang sungguh melimpah. Dan Negara kita bisa menjadi Negara hebat apabila kekayaan sumber daya kita ini dapat dikelolah baik oleh Negara.

 Memang benar yang dikatakan oleh orang asing tersebut. Contohnya saja yang paling memprihatinkan adalah tambang Freeport yang ada di papua. Tambang itu adalah tambang terbesar didunia. Tetapi asal kalian tau saja keuntungan yang Negara kita dapat dari tambang tersebut hanya sebagian kecil persen dari tambang tersebut. Sisanya dikuasai oleh Negara asing. Bayangkan saja apabila tambang tersebut dimiliki sepenuhnya oleh Negara kita, setidaknya itu dapat membantu mengurangi kemiskinan di Negara kita yang memang angka kemiskinannya sangat besar dibanding Negara lainnya. Belum lagi sumber daya lainnya yang dimiliki oleh Negara kita yang sangat banyak. Berapa keuntungan yang didapat oleh Negara kita apabila semua sumber daya yang kita miliki dikelolah baik oleh Negara kita. Negara kita akan menjadi Negara yang disegani oleh Negara lainnya, Negara kita menjadi kaya, dan menjadi sangat sedikit tingkat-tingkat kemiskinan, kebodohan dll yang ada dinegara kita.

Sumber : https://cloudsoftwareprogram.org/