Cara Cerdas Memilih Tayangan guna Anak

Cara Cerdas Memilih Tayangan guna Anak

Selain melewati saluran televisi swasta, program audio visual guna anak juga dapat Anda temukan melewati YouTube, TV kabel, atau VCD. Berikut sejumlah cara memilih tayangan guna anak, yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

Mengandung Nilai-nilai Moral dan Pendidikan

Pendidikan moral sangat diperlukan anak semenjak usia dini guna bekal kehidupannya di masa depan. Melalui tayangan yang mendidik, anak bakal memperoleh tidak sedikit pelajaran moral yang dapat membentuknya menjadi individu yang berbudi pekerti luhur.

Tidak Menayangkan Adegan Kekerasan

Sebagian orang tua percaya bahwa acara kartun selalu sesuai untuk anak-anak. Padahal kenyataannya, ada sejumlah tayangan kartun yang ternyata berisi tidak sedikit unsur kekerasan, seperti: adegan perang, berkelahi, atau memukul. Adegan tersebut lantas membentuk karakter anak menjadi sosok pemarah dan suka melakukan kasar.

Menggunakan Bahasa yang Santun

Saat memilih tayangan guna anak, pastikan bahwa program itu menyajikan acara yang mana masing-masing tokohnya selalu memakai bahasa yang santun. Sekiranya ada figur yang senang mengejek, mengerjai, atau bahkan mem-bully figur lain, segera larang anak untuk menyaksikan program tersebut. Sebab, ia dapat meniru dengan mengerjakan hal yang sama untuk teman-temannya.

Program Khusus Anak

Untuk anak balita, pastikan program yang kita pilihkan memang diutamakan untuk anak. Dengan demikian, ia pun bisa berkembang cocok dengan usianya.

Sebagai orang tua, Anda mesti selektif dalam memilih tayangan guna anak. Berikut ini sejumlah rekomendasi program eksklusif anak yang lazimnya ditayangkan dengan teknik yang santun dan mendidik, yang dapat Anda jadikan pilihan.

Dongeng Anak

Menyimak cerita dongeng memiliki tidak sedikit manfaat guna anak. Di samping berisi nilai moral, dongeng pada umumnya pun memperlihatkan latar kebiasaan khas sebuah daerah. Dongeng seringkali berkisah tentang kebajikan dan kejahatan. Dengan menonton tayangan semacam itu, anak juga akan dapat membedakan tindakan baik dan buruk, serta hal-hal yang patut atau tidak patut ditiru.

Sumber : http://www.fjt2.net/gate/gb/www.pelajaran.co.id/