Cara Menarik Rasa Ingin Tahu Anak

Cara Menarik Rasa Ingin Tahu Anak

Sikap rasa hendak tahu pada anak merupakan hal yang sangat urgen dalam edukasi mereka. Rasa hendak tahu anak yang besar dapat menjadi semangat untuk mempelajari hal-hal yang baru. Mereka pun bakal melakukannya dengan antusias. Seorang Albert Einstein juga dikenal sebagai sosok yang mempunyai rasa hendak tahu besar.

Sayangnya, tidak seluruh anak umur sekolah mempunyai rasa hendak tahu yang besar. Padahal, bila seorang anak umur sekolah mempunyai rasa penasaran yang tinggi, akan dapat mendongkrak prestasi akademik. Kabar baiknya, ada cara yang dapat digunakan dalam menumbuhkembangkan rasa hendak tahu anak. Berikut ini ialah cara yang dapat dilakukan:

Tumbuhkan rasa tidak gampang percaya pada anak

Hal kesatu yang butuh dilakukan ialah untuk membudayakan anak tidak gampang percaya pada suatu informasi baru. Hal ini berlaku untuk sekian banyak hal. Mulai dari suatu bacaan di buku, keterangan dari guru ataupun orangtua sekalipun. Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan anak untuk menggali tahu lebih lanjut berhubungan info itu.

Biasakan guna memberi anak tantangan

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan guna menumbuh kembangkan rasa hendak tahu anak ialah dengan memberinya tantangan. Tantangan sering menjadi suatu motivasi untuk seseorang dalam menaklukkan sesuatu. Hal ini pun berlaku untuk seorang anak.

Berikan teka-teki

Anda juga dapat memancing rasa hendak tahu anak dengan menyerahkan mereka teka-teki. Pilihlah teka-teki yang sehubungan erat dengan pengetahuan dan latihan anak di sekolah. Mulai dari latihan bahasa Inggris sampai matematika.

Anda dapat saja mengisahkan sebuah gejala yang bertolak belakang dari teori yang telah diserahkan pihak sekolah untuk anak. Hal ini dilakukan supaya anak dapat menggali lebih dalam tentang kebenaran kisah tersebut. Di samping itu, dengan memakai metode ini, anak pun akan dapat mengetahui dalil perbedaan tersebut.

Biasakan anak mempelajari sesuatu secara detail

Menerima suatu informasi secara detail dapat menumbuh kembangkan rasa hendak tahu anak. Penjelasan yang detail pun akan tampak jauh lebih menarik dikomparasikan memberi informasi secara garis besar.

Mengetahui sesuatu secara garis besar melulu akan menciptakan anak merasa tahu segalanya. Sebaliknya, menyerahkan informasi yang detail bakal semakin menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru di kepala mereka.

Sumber : http://link.harikonotora.net/?https://www.pelajaran.co.id