Upward à Downward Conflict Spirals

Upward à Downward Conflict Spirals

Upward à Downward Conflict Spirals
Upward à Downward Conflict Spirals

Tit-for-tat (TFT):

Strategi tawar-menawar yang dimulai dengan kerja sama, tapi kemudian meniru pilihan orang lain setelah itu, kerjasama bertemu dengan kerjasama, persaingan dengan persaingan.

Contohnya, negosiasi akan berjalan dengan baik jika individu dapat melakukan proses itu dengan bekerja sama, namun persaingan akan terjadi jika antar individu dalam kelompok saling tidak bisa melakukan proses negosiasi.

Many à One

Pada pihak yang bermasalah, sebaiknya menggunakan pihak ketiga sebagai mediator. Pihak ketiga secara umum dapat mengurangi konflik dengan fungsi penting sebagai berikut:

  1. Pihak ketiga akan dapat mengurangi permusuhan dengan memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk mengekspresikan diri sekaligus mengontrol diri.
  2. Jika komunikasi pada kedua pihak yang berkonflik menjadi salah paham satu sama lain, pihak ketiga dapat memperbaiki permasalahannya.
  3. Pihak ketiga membantu menjaga nama baik dengan menyediakan sarana penerimaan konsesi.
  4. Pihak ketiga dapat menyusun dan menawarkan usulan untuk solusi alternatif agar dapat diterima oleh kedua belah pihak.
  5. Pihak ketiga juga dapat memanipulasi aspek pertemuan, termasuk lokasi, tempat duduk, formalitas komunikasi, keterbatasan waktu, peserta dan agenda.
  6. Pihak ketiga dapat membimbing pihak yang berkonflik ke dalam proses penyelesaian masalah.

Anger à Composure

Pada saat emosi sudah memuncak, kelompok harus dapat mengontrol emosi mereka dengan humor. Humor dapat memunculkan emosi yang positif yang tidak akan kompatibel dengan kemarahan. Seseorang yang sedang marah akan diberi kesempatan untuk membalas dengan respon yang lebih positif. Meminta maaf juga efektif untuk menghilangkan kemarahan dan merupakan pengaturan konflik yang baik.

Contohnya, saat ketegangan atau kemarahan dari tiap individu mulai memuncak, ada baiknya jika kelompok tersebut dapat mengontrol diri untuk mengurangi ketegangan emosi dengan cara saling meminta maaf atau memunculkan sedikit humor.

Sumber : https://topsitenet.com/article/213042-chemical-periodic-table-system/