Strong Tactics à Cooperative Tactics

Strong Tactics à Cooperative Tactics

Strong Tactics à Cooperative Tactics
Strong Tactics à Cooperative Tactics

Setiap anggota kelompok memiliki cara yang berbeda-beda

untuk menyelesaikan konflik. Beberapa ada yang tidak menganggap masalah dan membiarkan masalah itu, terkadang ada yang mendiskusikan masalahnya, dan juga ada yang menyelesaikan konflik dengan kemarahan.

Taktik yang digunakan orang untuk menangani konflik dapat diklasifikasikan dalam empat kategori dasar sebagai berikut:

Menghindari (Avoiding):

Kelambanan, penarikan “kalah-kalah”, sikap “tunggu dan lihat”, penolakan, penghindaran, keluar kelompok, meminimalkan kerugian sendiri, perhatian yang rendah terhadap diri dan orang lain. Contohnya, saat salah satu individu memiliki pendapatnya sendiri bahwa ia ingin mendatangkan artis dari Norwegia, namun tidak memperjuangkan pendapatnya itu dengan sungguh-sungguh.

Menghasilkan (Yielding):

Penerimaan, menghaluskan, mengakomodasi, menyerah, menghasilkan-kehilangan, memaksimalkan hasil orang lain, kepedulian yang rendah bagi diri dan perhatian yang tinggi bagi orang lain.Contohnya, walaupun salah satu individu memiliki pendapatnya bahwa ingin mendatangkan artis dari Norwegia, namun lebih mengikuti pendapat individu lain yang ingin mendatangkan artis dari Amerika.

Melawan (Fighting):

Bersaing, memaksa, mendominasi, berpendapat, menang-kalah, memaksimalkan hasil sendiri, peduli pada diri sendiri, perhatian yang rendah pada orang lain. Contohnya, saat salah satu individu memiliki pendapatnya sendiri bahwa ia ingin mendatangkan artis dari Norwegia, ia akan sangat memperjuangkan pendapatnya tanpa menerima proses negosiasi.

 

Bekerja sama (Cooperating): Berbagi, berkolaborasi, pemecahan masalah, menang-menang, sintesis, negosiasi, memaksimalkan hasil bersama, kepedulian yang tinggi pada diri sendiri dan orang lain. Contohnya, individu memiliki pendapatnya sendiri dan ia bisa menjalani proses pemilihan artis tersebut dengan cara bernegosiasi dengan baik sehingga memunculkan hasil bersama.

Sumber : https://topsitenet.com/article/213043-understanding-and-examples-of-explanatory-texts/