Cara MENYIMPULKAN ISI BERITA

Menyimpulkan Isi Berita – Menyimpulkan berita, artinya merangkum semua pokok-pokok isi berita kedalam sebuah kesimpulan yang singkat namun tetap menyeluruh. Berita yang kita dengar dari radio maupun televisi bisa kita gunakan untuk berlatih menyimpulkan berita. Setelah menyimak berita tersebut selanjutnya, kita harus menentukan pokok-pokok berita dan menyimpulkannya dengan menggunakan kalimat sendiri.

Cara MENYIMPULKAN ISI BERITA
Cara MENYIMPULKAN ISI BERITA

Cara menyimpulkan isi berita :
1. Menyimak berita dengan seksama
2. Mencatat pokok-pokok berita pada saat mendengarkan berita
3. Membuat kesimpulan berita.
Kesimpulan dibuat dengan merangkaikan pokok-pokok berita yang telah dicatat menjadi beberapa kalimat.

Selain cara di atas, amati juga unsur 5W + 1H dalam berita tersebut. Dengan menjawab 5W + 1 H, kita bisa menemukan semua informasi penting secara lengkap.

Sekarang Simaklah Contoh Berita Bertajuk Kurban Idul Adha 2015 di Masjid Darussalam Desa Lebakwangi. Kemudian Carilah gagasan pokok setiap paragrafnya dan tarik menjadi satu kesimpulan.

Kurban Idul Adha 2015 di Masjid Darussalam Desa Lebakwangi
     Kamis, 24 September 2015 – Masjid Darussalam Desa Lebakwangi pada tahun ini menyembellih 5 kambing qurban dari jamah warga sekitar masjid. Pukul 07.30 setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, langsung dilaksanakan acara penyembelihan hewan qurban. Kelima kambing tersebut adalah hewan kurban dari Bapak Nurali, Ibu Suriyatun, Bapak Saiful Mu’min, Ibu Siti, Bapak Marmo, dan satu kambing lagi dari arisan qurban Jamiah Yasin.
     Acara pemotongan hewan qurban tersebut dilakukan secara gotong royong pengurus masjid dan warga di lingkungan RW 02 Desa Lebakwangi. Gotong royong tersebut diikuti oleh 25 warga, yang terdiri dari pengurus masjid, ketua RT 01 sampai RT 05 RW 02, dan para pemuda. Setelah acara pemotongan, dilanjut dengan pembagian daging ke rumah warga yang berlangsung dari pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB.
     Hasil total daging beserta tulang yang diperoleh yaitu 102 Kg, dan akan dibagi ke 300 warga di RW 02. Menurut Bapak Sukheri, selaku ketua pengurus masjid Darussalam, daging itu akan dikemas dengan plastik, tanpa dikilo lagi per plastiknya. “Yang penting semua warga kebagian, walaupun jatah daging yang ada diplastik tidak bisa  sama persis beratnya, kalau harus ditimbang satu persatu akan memakan waktu,” Ujarnya.
    Acara tersebut berlangsung cukup lancar karena kekompakan warga dalam kegiatan tersebut. Sebagai penutup acara, para warga yang ikut bergotong-royong di hidangi makan siang berupa sate kambing yang di ambil dari jatah daging untuk panitia.