Pembangunan Bandara Cikembar terkendala landasan pacu

Pembangunan Bandara Cikembar terkendala landasan pacu

Pembangunan Bandara Cikembar terkendala landasan pacu
Pembangunan Bandara Cikembar terkendala landasan pacu

BANDUNG-Penjabat Gubernur Jawa Barat H Mochamad Iriawan mengatakan

ada sejumlah kendala terkait pembangunan bandara di Cikembar, Kabupaten Sukabumi, salah satunya adalah terkendala landasan pacu.

“Khususnya (Bandara di) di Cikembar kemarin sudah ada debatable sedikit karena untuk runway itu tidak bisa terlalu panjang. Ada yang panjang di Citarate, Ujung Genteng tapi terlalu jauh. Itu dari Sukabumi saja tiga jam lebih,” kata M Iriawan, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Kamis.

Ia mengatakan idealnya panjang landasan pacu Bandara di Cikembar

bisa mencapai 1.600 meter atau 1.800 agar pesawat ATR 72 bisa mendarat di bandara tersebut.

“Runway idealnya 1.600 supaya Pesawat ATR yang memuat 80 orang bisa mendarat. Jadi sekaligus angkut besar. Jadi itu yang menjadi debateble. Mudah-mudahan bisa menjadi 1800 karena tanahnya juga cukup turun kontur,” kata dia.

Jumat pekan ini, menurut Iriawan, Kementerian Perhubungan akan membahas persoalan terkait pembangunan Bandara Cikembar tersebut.

“Kalau memang bisa diperpanjang lagi untuk pesawat ATR, karena kalau twin

other cuma 14 orang percuma. Tapi saya ingin kejar supaya bisa jadi. Karena kalau enggak bisa dialihkan ke tempat lain,” kata dia.

Persoalan lainnya terkait pembangunan Bandara Cikembar adalah adanya sutet di lokasi bandara dan perbukitan di sekitar bandara yang mendukung untuk manuver pesawat.

Menurut dia, pembangunan Bandara di Cikembar merupakan hal yang mendesak dan perlu segera direalisasikan mengingat Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sudah diakui dunia dan keindahannya tidak kalah dengan geopark di negara lain.

Jarak dari lokasi calon Bandara Cikembar ke Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sekitar 30 kilometer.

“Jalan akses menuju Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark sudah mulus sesuai harapan. Saya berharap ada percepatan Bandara, kemarin saya lihat langsung lahannya di Cikembar, ini bisa memancing lebih banyak lagi wisatawan,” ujarnya. (Pun)

 

Sumber :

http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/anatomi-kulit-dan-rambut/