Resiko Kanker Mulut Tertinggi dari Rokok

Resiko Kanker Mulut Tertinggi dari Rokok

Resiko Kanker Mulut Tertinggi dari Rokok
Resiko Kanker Mulut Tertinggi dari Rokok

Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia

Drg Rahmi Amtha dalam hasil penelitiannya mengungkap jika resiko merokok juga dapat mengakibatkan kanker mulut.

Dari hasil penelitian independen terakhir yang dilakukan di Jakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT), menunjukkan, jika faktor resiko penyebab kanker mulut yang tertinggi adalah merokok.

Kemudian penyebab kanker mulut lainnya yakni mengunyah sirih, meminum minuman alkohol dan fakto lainnya.

Tanda-tanda awal kanker mulut dikenali

Dengan adanya perubahan warna, tekstur, luka yang tidak sembuh-sembuh lebih dari satu bulan. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita kanker rongga mulut karena tidak adanya rasa sakit dan tidak mengetahui tanda-tandanya,” kata Rahmi Amtha.

Di NTT kata dia, penyebab utama tertinggi kanker mulut adalah buah pinang, tembakau dan alkohol. Penyakit ini umumnya banyak diderita oleh pria berusia di atas 40 tahun.

Lanjutnya, untuk menjaga kebersihan mulut

Bukan hanya sekedar menyikat gigi secara baik dan benar yang merupakan gold standard memelihara kebersihan mulut, namun pada kasus tertentu diperlukan antiseptik yang salah satunya yang mengandung chlorhexidine atau bahan lainnya.

Apalagi kebersihan mulut juga menjadi salah satu faktor timbulnya banyak penyakit dalam rongga mulut. Kebersihan mulut penting karena rongga mulut manusia tidak terlepas dari berbagai macam mikro organisme.

Sumber : http://www.ngegas.com/