Mogen, Motor Genset Buatan Siswa SMKN 4 Sukabumi

Mogen, Motor Genset Buatan Siswa SMKN 4 Sukabumi

 

Mogen, Motor Genset Buatan Siswa SMKN 4 Sukabumi

Di tangan Yusup Sulaeman dan Eva Oktavia

sepeda motor tidak hanya digunakan untuk alat transportasi, tapi juga sebagai genset. Motor genset (Mogen) itu bisa digunakan untuk menyalakan alat elektronik, termasuk saat mati lampu.

Mogen diperuntukan bagi orang yang suka camping

Biasanya saat camping kita kesulitan mendapatkan aliran listrik,” ungkap siswa SMKN 4 Kota Sukabumi ini saat ditemui di sela-sela Pameran Pendidikan Kejuruan Epitech XII di Kab. Garut pada 15 November 2018 lalu.

Dikatakan Yusup, selain untuk camping, mogen ini menjadi solusi saat mati lampu di rumah.

Ide awalnya, sih, saat camping

Kita butuh aliran listrik, kan, suka susah. Begitu juga saat mati lampu, alat elektronik tidak bisa digunakan. Mogen ini solusinya,” ungkap Yusup yang diamini Eva.

Mogen ini, kata Yusup, dimodifikasi dengan menambahkan beberapa alat dan komponen. Yang paling utama adalah penambahan modul pemrograman dan inverter. Sedangkan inverter disimpan di dalam jok.

Untuk sementara, saklar on dan off masih disimpan di samping luar jok. Ke depan, saklar ini bisa ditempatkan di tempat yang tersembunyi.

Saat ini hanya untuk kebutuhan pameran.

Jadi disimpan di tempat yang terlihat,” kata Yusup.

Menurutnya, untuk membeli peralatannya menghabiskan dana sekitar Rp 3 juta. Ke depannya, teknologi dan tampilannya dapat dimaksimalkan lagi.

Sementara itu, salah seorang guru produktif sepeda motor SMKN 4 Kota Sukabumi, Kurnia Setiawan mengaku ia hanya membimbing anak didiknya.

“Ide dan kreativitas murni dari siswa. Saya hanya mengarahkan. Moge ini irit bahan bakar dan lebih hemat dari genset biasa. Serta, menyimpan cadangan energi saat motor mati,” katanya.

Artikel Terkait: