Tips Mudah Mendidik Anak Agar Selalu Jujur dan Terus Terang

Anak-anak yang sering sekali berbohong memang akan sangat menggangu dan juga menjadikan orangtua marah. Padahal yang sebenarnya mengatasi hal yang seperti ini tak terlalu sukar kok. Akan tetapi sebelum tahu solusinya, sebaiknya bila Anda sama-sama kenal penyebab anak suka berbohong.

Tips Mudah Mendidik Anak Agar Selalu Jujur dan Terus Terang
Tips Mudah Mendidik Anak Agar Selalu Jujur dan Terus Terang

Dr Laura Markham memberikan alasan seorang anak yang suka sekali berbohong adalah karena kurang lebihnya sama dengan alasan orang dewasa melakukannya. Merasa merasa hal yang demikian akan membantu dan juga menjadikan orang lain merasa baik, bahkan lebih baik lagi. Serta bahayanya bila sih anak terlanjur anggap bahwasannya kebohongan merupakan strategi paling efektif, sehingga anak akan terus melakukan kebohongan tersebut.

Dan perlu Anda tahu juga bahwasannya anak-anak umumnya belajar berbohong dari orang dewasa. Jadi, umumnya mereka tahu kebohongan sebab pernah merasa kecewa pada kebohongan yang telah dilakukan oleh orang dewasa. Misalnya saja yang Anda berikan, dilihat dn juga ditiru. Contohnya saja menghindari tamu yang datang ke rumah, atau pun membohongi mereka dengan berbagai janji-janji palsu. Bisa juga seperti halnya menyuruh sih anak untuk mengatakan kepada tante atau saudara lainnya bahwasannya dia sangat menyukai hadiah yang telah diberikan walaupun yang sebenarnya sih anak tidak suka.

Tips mendidik anak agar selalu jujur dan terus terang

Tetap bersikap yang tenang

Pada saat Anda menemukan anak sedang berbohong, maka sebagai orangtua Anda disarankan untuk tidak berburu-buru marah atau pun menghukumnya. Tenang terlebih dulu dan ingat bahwasanya dia masih belajar. Bila Anda terlalu cepat atau mudah marah bahkan memberikan hukuman, maka Anda nantinya akan kehilangan kesempatan untuk mengajari atau mendidik anak mengapa berbohong tersebut adalah perubahan tak baik dan salah serta dia harus jujur. Dan memberikan anak hukuman malah akan menjadikan sih anak jadi pembohong yang lebih lihai lagi. Oleh karenanya anak akan berusaha untuk meningkatkan kemampuan berbohongnya hingga tak ketahuan.

Menghindari pertanyaan yang menjebak

Apabila Anda memang telah mendapati bahwasanya anak Anda sedang berbohong, daripada Anda memberikan pertanyaan yang menjebak sih anak yang menjadikan dia ketahuan, ada baiknya Anda menjelaskan sejujurnya apa yang sudah Anda lihat dan menjelaskan baik buruknya. Ini yang akan menjadikan anak merasa Anda berada di sisinya.

Tidak memberikan label

Ada baiknya anak Anda tahu bahwasannya Anda tak suka bila dia berbohong daripada harus menyebutkan pembohong. Anak Anda nantinya akan terus merekam label tersebut di kepalanya hingga dewasa.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang tips mudah mendidik anak agar selalu jujur dan terus terang. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat. referensi  https://www.sekolahbahasainggris.com/