Tips Menerapkan Aturan pada Anak Usia Dini

Orangtua pastinya akan sangat senang sekali jika melihat rumahnya rapid an juga bersih. Akan tetapi kebanyakan orangtua yang mempunyai anak dengan usia masih dii, merasa hal tersebut sangat mustahil terwujud. Mengingat, anak-anak usia dini yang masih senang bermain dan juga mengotori rumah.

Tips Menerapkan Aturan pada Anak Usia Dini
Tips Menerapkan Aturan pada Anak Usia Dini

Tak sedikit para orangtua yang telah berusaha untuk terapkan aturan pada anak-anaknya yang masih dini. Akan tetapi, kira-kira bagaimana hasilnya? Mungkin saja tak sedikit dari para orangtua yang mulai kewalahan sendiri di dalam mengatur aturan itu sendiri.

Aturan tersebut dibutuhkan dalam sebuah keluarga, supaya semua bisa merasa nyaman dan segala sesuatunya dilakukan mengandung peranan dan juga tanggung jawab. Begitu pun dengan anak-anak, meskipun mereka masih dini akan tetapi tetap harus ikuti aturan yang telah dibuat oleh orangtuanya. Pastinya orangtua akan sangat senang sekali jika melihat anaknya dapat mengikuti dan mematuhi segala perintah serta aturan yang sudah ditetapkan bersama-sama.

Lantas, bagaimana cara atau pun tips terbaik dalam menerapkan aturan pada anak usia dini? Simak ulasan berikut ini dulu yuk.

Tips menerapkan aturan pada anak usia dini

  • Buatlah dan sepakati bersama dengan anak aturan tersebut. Hal yang demikian ini untuk melatih anak-anak terbiasa diskuasi dan mengetahui seperti apa kemauan anak untuk terapkan aturan. Hindarilah aturan yang dictator atau pun hanya dari pihak orangtua saja. Orangtua juga harus taat terhadap aturan yang telah disepakati.
  • Apabila memang ada sanksi, maka ahrus diarahkan kepada perbaikan tindakan sih anak. Contohnya saja bila anak memukul adiknya, maka dia akan diberi hukuman time out supaya dia dapat memikirkan dan juga mengoreksi tindakannya tersebut serta tak mengulangi.
  • Hindari menunda sanksi supaya anak bisa segera mengoreksi tinadkannya yang masih salah. Disiplin di dalam memberikan sanksi kepada anak usia dini akan menubmbuhkan rasa tanggung jawab atas perbuatannya.
  • Silakan Anda biasakan untuk memberi penguatan dengan pujian saat aturan selalu dilaksanakan dengan sangat baik. Pujian ini nantinya akan menjadikan anak lebih bersemangat lagi di dalam mematuhi aturan yang telah dibuat. Jika perlu, buatlah semacam perlombaan, yang mana akan ada banyak mematuhi peraturan di rumah medapat hadiah.
  • Tetap konsisten dengan aturan yang dibuat dan juga disepakati bersama anak. Meskipun keadaan dianggap tak mungkin. Aturan tersebut tetaplah harus dilaksanakan, sebab yang demikian ini berguna sekali untuk melatih disiplin pada anak.

Dan harus Anda ingat juga, bahwasannya aturan yang telah dibuat tak semata-mata ditujukan kepada anak, tetapi sebagai orangtua dan juga orang dewasa pun harus menuruti serta mematuhi aturan apa yang telah dibuat tersebut. Semoga tips menerapkan aturan pada anak usia dini di atas bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com