Mengenal Sistem Pendidikan Terpadu Negara

Masing – masing negara memang memiliki budaya pendidikan yang berbeda – beda. Berikut dengan sistem pendidikannya. Mengenai budaya pendidikan memang sangat wajib untuk dibentuk karena budaya pendidikan jika tidak dibentuk tentu akan tidak dapat memberi kontribusi kualitas pendidikan yang positif bagi generasi penerus bangsa karena generasi penerus bangsa yang memang punya kualitas pendidikan terbaik adalah yang terbentuk dengan budaya pendidikan yang mumpuni.

Mengenal Sistem Pendidikan Terpadu Negara
Mengenal Sistem Pendidikan Terpadu Negara

Sama halnya dengan Korea Selatan, Finlandia dan Jepang yang memang mendapatkan predikat dunia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik. Mereka bisa memiliki sistem yang sedemikian rapi karena memang didalamnya budaya pendidikan sudah terbentuk. Karena itu sekarang ini tugas Indonesia adalah membentuk budaya pendidikan serta juga mengenal sistem pendidikan terpadu masing – masing negara sebagai referensi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Indonesia.

Mengenal Sistem Pendidikan Terpadu Masing – Masing Negara

Sistem pendidikan nasional di Indonesia

Indonesia juga memang memiliki sistem nasional pendidikan yang menerapkan sistem wajib belajar 12 tahun. Yaitu 9 tahun pada SD dan SMP dan 3 tahun pada sekolah menengah atas. Sistem pendidikan yang diberlakukan ini berada dibawah pengawasan kementrian pendidikan dan juga kebudayaan dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan dan juga sikap yang berarti aspek spiritual, intelektual dan juga personal bagi peserta didik. Namun, terhitung sejak dua dekade terakhir memang pada sekolah nasional ada yang mengadopsi sistem pendidikan dengan kurikulum seperti cambridge dan yang lainnya.

Sistem pendidikan Amerika

Kurikulum yang ditekankan pada sistem pendidikan ini adalah pada pembelajaran kontekstual melalui kemampuan problem solving dan juga fokus pada science, technology, engineering, art dan math. Sistem yang dilakukan di Amerika ini memang dapat memenuhi kebutuhan pendidikan bagi siswanya sejak usia 3 tahun bahkan sampai dengan 18 tahun. Dan sistem pendidikan ini juga dinilai sebagai saat yang paling tepat dalam terjadinya pengembangan pengetahuan, kognitif, dan juga aspek sosial yang seimbang. Kemudian, melalui suatu jalur yang inovatif nantinya siswa juga akan dapat mempersingkat total durasi belajar menjadi hanya 14 tahun saja.

Sistem pendidikan UK – Cambridge

Pada britania Raya (Inggris) memang memiliki sistem pendidikan yang paling mengakar di dunia. Dan Inggris sendiri merupakan sebuah rumah bagi beberapa universitas yang tertua di dunia seperti Cambridge, Oxford, dan yang lainnya. Mengenai program pengajaran yang diterapkan di Inggris berlaku pada usia 5 sampai dengan 10 tahun. Dan di tahun 2013 dibatasi bahwa pendidikan wajib sampai dengan usia 18 tahun.

Itulah sedikit informasi tentang Mengenal Sistem Pendidikan Terpadu Masing – Masing Negara. Semoga informasi diatas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. referensi : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/