Bahaya Sinar Smartphone Bisa Memicu Masalah Kesehatan Mata

Bahaya Sinar Smartphone Bisa Memicu Masalah Kesehatan Mata

Mata dapat mengalami pelbagai masalah sebab pola hidup yang tidak baik. Termasuk sebab memandang layar smartphone atau gadget terlampau lama. Saat mata merasakan masalah, ini sering juga dominan pada kesehatan tubuh lainnya. Kepala dapat pusing dan perut mual dampak mata yang bermasalah.

Para berpengalaman mengungkapkan andai sinar biru pada gadget tergolong smartphone yang terkena secara langsung ke mata dapat membuat mata merasakan masalah.

Melansir dari laman Newsweek, studi yang diterbitkan di jurnal “Scientific Reports” melafalkan bahwa sinar biru yang dipancarkan dari layar smartphone atau komputer secara terus menerus dapat meningkatkan risiko kebutaan. Sel-sel di mata yang peka terhadap cahaya, dapat mengalami reaksi degenerasi makula. Kornea dan lensa mata pun akan merasakan penurunan performa ketika terpapar sinar biru pada smartphone yang berlebihan.

Dr. Ajith Karunarathne dari Universitas Toledo, Amerika Serikat (AS) mengatakan,”Terpapar sinar biru pada gadget dapat merusak kesehatan mata. Paparan cahaya yang terus menerus dapat membuat kornea dan lensa mata tidak berdaya dalam menutup atau memantulkan risiko bahayanya.”

Degenerasi makula sendiri dapat terjadi dampak kematian sel fotoreseptor di retina. Saat sel ini mata, ini dapat menimbulkan risiko kebutaan. Umumnya www.bukumedis.com, risiko ini akan dialami saat umur seseorang menjangkau 50 atau 60 tahun. Dan buruknya lagi, andai hal ini terjadi maka ini akan susah diobati atau diatasi.

Agar terhindar dari risiko merasakan masalah kesehatan mata dampak smartphone atau gadget lainnya, pastikan guna selalu arif dalam memakai gadget. Hindari memakai gadget terlampau lama masing-masing harinya. Hindari pun menggunakan gadget pada ruangan gelap.

Baca Juga : Antarmuka Pocophone F1 Dapat Diunduh di Play Store Namun Masih Terbatas